Gambaran Perkembangan Janin Usia Pekan ke 40

Gambaran Perkembangan Janin Usia Pekan ke 40 - Bunda, bagaimana kabarnya janin usia pekan ke 40? Semoga sehat dan berkembangan dengan baik. Di usia sekarang, sebutan janin sudah tidak tepat, tepatnya kita sebut buah hati. Di usia ini, buah hati siap menatap indahnya dunia.

Gambaran Perkembangan Janin Usia Pekan ke 40

Perkembangan Janin Usia Pekan ke 40
Di usia minggu ke 40 ini, perkembangan buah hati ditahap proses penyempurnaan. Organ luar sudah mulai terbentuk sempurna. Pada usia pekan ini perkembangan yang terjadi dengan buah hati anda dalam kandungan mungkin sudah masuk dalam masa penyelesaian atau masa penyempurnaan.

Biasanya ibu hamil di periode terakhir ini, rasa cemas, gugup dan takut menghiasi keseharian. Hal ini wajar terlebih saat mengingat kurangnya pengalaman dan rasa ingin tahu yang begitu besar akan mungkin membuat si calon ibu panik.

Perlu adanya dukungan dari suami dan orang-orang terdekat agar si bu tidak panik dan tidak takut menghadapi proses persalinan yang hanya sebentar lagi. Jadi tidak hanya tentang materi dalam hal ini, persiapan mental, menghilang panik dan gugup menjadi hal utama yang menjadi kunci kesuksesan mendapatkan persalinan yang lancar.

Fakta di usia kehamilan pekan ini merupakan waktu yang tepat untuk si buah hati dalam rahim anda lahir ke dunia. Periode ini merupakan waktu yang siap si buah hati melihat dunia dan menyambut kehidupannya yang baru.

Di Usia kehamilan trimester akhir ini, bayi anda semestinya sudah berada pada posisi siap lahir, yaitu posisi kepala berada dibawah. Perlu konsultasi dengan bidan secara rutin dan teratur. Hal yang lumrah jika bidan / dokter menarik sebuah hari perkiraan lahir.

Dengan adanya perkiraan hari lahir, terkadang bisa jadi masalah. Masalah ini adalah saat di hari yang diperkirakan ternyata tak kunjung kontraksi.

Hal tersebut akan membuat ibu merasa cemas atau bahkan sebagian wanita merasa frustasi dengan hal ini. Rasa takut akan kehamilan yang bisa jadi tidak normal dan lain sebagainya justru memperburuk kondisi ini.

Tak perlu khawatir, karena sebagian besar wanita hamil mungkin merasakan kondisi yang serupa. Bayi dalam kandungan mungkin masih merasa nyaman berada dalam rahim ibunda. Pada saat usia kehamilan ini perkembangan pada berat dan panjang tubuhnya semakin sedikit, tidak secepat saat usia kandungan muda. Jadi tidak perlu heran jika bayi sudah melambat perkembangannya.

Sebagian besar, panjang rata-rata bayi yang akan lahir adalah 51 cm dengan berat 2,5 kg - 3,8 kg. Panjang dan berat seperti rentang tersebut masuk ke kategori normal.

Pada usia kehamilan ini cairan ketuban dalam rahim anda semakin sedikit jumlahnya dan ukuran tubuh si bayi semakin membesar. Cairan ketuban yang awalnya jernih sekarang berubah menjadi lebih keruh. Hal ini disebabkan karena bayi sudah memulai menumpahkan zat cairan putih yang disebut dengan vernix caseosa. Cairan ini telah melindungi kulitnya selama bulan-bulan sebelumnya. Apabila bayi belum menunjukan tanda-tanda akan keluar (kontraksi) beberapa minggu kedepan ada kemungkinan kulitnya akan mengering pada saat dilahirkan nantinya.

Gambaran Perkembangan Janin Usia Pekan ke 40

Bayi yang masih berada dalam kandungan sudah menguasai hampir semua keterampilan yang diperlukan saat ia lahir. Keterampilan ini misalnya mulai mengenali ibu jari dan memasukkan sendiri ke mulutnya,kemudian hisap dan lain-lain.

Walaupun posisinya saat ini sudah semakin ke bawah dibagian perut ibunya dan terjepit diantara bagian panggul dan rahim si ibu. Tetapi, didalam perut ibu, bayi masih terus berkembang dan bayi masih sibuk dengan pertumbuhan rambut dan kukunya yang akan semakin panjang. Perkembangan kuku-kuku pada jari mungil inilah yang akan mungkin membuat ibu membutuhkan sarung tangan mungil untuk melapisi tangan-tangan mungilnya agar nantinya kulitnya yang halus tidak tergores dengan kuku-kukunya. Oleh sebab itu, pemotongan kuku pada si bayi tidak boleh dilakukan terlalu dini apalagi pada saat ia baru saja dilahirkan ke dunia.

Perlu ibunda ketahui juga bawah walaupun hari kelahirannya sudah hampir tiba namun tulang tengkorak pada bayi belum menyatu secara sempurna. Kondisi seperti ini yang memungkinkan tulang-tulang pada tubuh mereka menjadi sedikit tumpang tindih pada saat si bayi bergerak melalui jalan lahir selama proses persalinan.

Kondisi di atas disebut molding dan merupakan alasan kepala bayi yang lahir terlihat mengkerut atau mengerucut pada saat ia baru saja dilahirkan. Namun, tidak perlu khawatir dengan kondisi ini karena hal yang wajar yang bersifat temporary atau sementara. Dengan berjalannya waktu tulang-tulangnya akan mengeras dan terbentuk dengan baik. Pada saat ini anda mungkin akan mulai mengalami kontraksi dan seolah bayi anda akan keluar beberapa saat lagi.

Ketika anda merasakan kondisi ini sebaiknya jangan cepat panik dan coba untuk tetap tenang dengan beristirahat. Jangan terburu-buru menghubungi dokter atau bidan ketika anda merasakan kondisi ini. Kemungkinan akan disarankan untuk menunggu sampai kontraksi benar-benar terjadi. Karena seringkali dijumpai kontraksi palsu.

Demikian tadi gambaran perkembangan bayi pada usia pekan ke 40. Semoga bermanfaat untuk ibu-ibu Indonesia yang super.

Gambaran Perkembangan Janin Usia Pekan ke 40

0 Response to "Gambaran Perkembangan Janin Usia Pekan ke 40"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel